Wednesday, November 12, 2014

Arti Surat Al Fatihah Ayat 3



Arrohmanirrohim :Ayat ke 3 dari surat Al Fatehah ini berarti "Allah maha pengasih lagi maha penyayang". Arrohman dan arrohim adalah dua sifat allah yang saling melengkapi. Meskipun Arti dan makna berbeda.



Arrohman : Allah Maha Pengasih

Makna yang dalam bagi sang Maha pemberi kepada hambanya. Arrohman mengandung arti bahwa Allah memberikan kasih sayangnya kepada seluruh makhlik di dunia,. Alam semesta dan penghuninya. Di alam semesta ini Allah menyediakan semua keperluan yang dibutuhkan oleh umat manusia. Air, udara, api dan sumber daya alam lainnya. Semua makhluk dipersilahkan mengkais rejeki dan kebahagiaan yang diinginkannya. Kasih sayang Allah berupa rejeki tersebar di seluruh penjuru alam semesta ini. Allah tak pernah membedakan kepada siapa isi seluruh alam semesta ini diciptakan. Tak peduli kepada orang kafir ataupun mukmin. Rejeki diberikan kepada yang meminta, bahkan tak meminta sekalipun Allah memberikannya. Rejeki tak pernah tertukar. Namun apabila manusia menginginkan rejeki lebih seperti yang diinginkannya, manusia haruslah berusaha lebih keras dalam berusah dan berdoa. Maka Insha Allah, Allah akan mengabulkannya. 

Lihat saja bagaimana burung yang sedari pagi sudah terbang melayang mencari makan. Atau ayam yang dilepas oleh pemeliharanya untuk mencari makan dipelataran. Tak pernah letih mematuk dan mengkais tanah. Ada saja yang ditemukannya, entah cacing atau biji bijian. Lalu petang pulanglah mereka ke sarang dan kandang. Itu hanya sebagai contoh kecil, untuk mengingatkan bahwa manusia dengan segala kesemnpurnaannya dapat meraih apapun yang diinginkan dan diimpikannya. Karena allah telah memberikan semua isi sumber daya alam tersebar di penjuru bumi. 

Betapa Allah maha pengasih pada hamba dan makhluk ciptaannya.Allah tak membedakan , apakah itu manusia, hewan atau tanaman. Allah sudah menyiapkan rejeki untuk masing masing ciptaannya. Sesuai takaran dan kemampuannya. Ikan di lautpun telah dipersiapkan rejeki berupa makanannya.
Subhanallah betapa Allah maha pengasih.

Arrohim : Allah Maha Penyayang

Makna ayat ini sangat terkait dengan keimanan seseorang. Allah maha menyayangi hambanya. apappun yang hambanya minta Allah memberinya.. Kasih sayang Allah tergantung pada prasangka hambaNya. Bila manusia sangat percaya akan hal ini, maka akan merasakan kasih sayang Allah begitu luasnya. Yah, kasih sayang Allah hanya mampu dirasakan oleh manusia yang beriman padaNya. Bukankah iman artinya adalah percaya.

Begitu besar kasih sayang Allah pada hambaNYa, Allah selalu memberi jalan pada manusia yang sesat untuk kembali ke jalanNya. Hidayah Allah tersebar selama manusia sungguh sungguh menjemputnya. Hidayah tak selalu menunggu. Allah telah menetapkan kasih sayang yang sempurna bagi orang orang  bertakwa yang mengikuti para nabi dan rasulNya. Dan orang yang bertakwa inilah yang akan meraih kebahagiaan yang abadi. Surgalah tempatnya. Bagi manusia yang memilih untuk berpaling dari kasih sayang Allah dan tidak mengimani akan adanya Allah, tentu Allah menempatkan mereka di neraka. Lagi lagi, manusialah yang menentukan pilihan tempat keabadian mana yang dia inginkan.

Kesimpulannya adalah, meskipun memiliki akar kata yang terlihat sama , arrohman dan arrohim memiliki makna yang terkait dengan kelembutan dan kasih sayang , namun makna arrohim lebih khusus. Jika arrohman berlaku bagi seluruh ciptaanNya. maka Arrohim hanya ditujukan kepada hambaNya yang beriman.

0 comments: