Wednesday, December 24, 2014

Sin

Sin dalam bahasa Inggris artinya adalah dosa. Dan dosa adalah perbuatan yang melanggar aturan agama dan Tuhan yang dilakukan oleh manusia.
Dosa ibarat debu yang menempel pada sebuah kaca. Sekilas memang tak nampak. Tapi bila Kita telisik lebih dalam debu itu akan terlihat rapi menempel pada beningnya kaca. Dan bila tak segera dibasuh serta dibersihkan, noda debu akan semakin tebal menghitam sulit untuk dihilangkan.


Demikian juga dengan dosa yang dilakukan oleh manusia. Apabila manusia tak segera bertobat dan beristighfar memohon ampun pada Allah. Dosa akan semakin menjelaga pada kehidupan diri manusia . Kehidupan akan nakin tak tentram. Selalu dalam kegelapan pada nnuraninya.

Kabar gembira tlah dibawa oleh Rasulullah. Nabi Muhammad saw. Bahwa seberapa besar dosa yang dilakukan oleh manusia. Selama dia bertobat sebelum ajal menjemput. Maka Allah akan mengampuninya. Tak terkecuali dosa syirik yang ancamannya tak akan terampuni dosanya. Selama syirik atau menyekutukan Allah tak terbawa saat ajal menjemput.

Ingatlah ayat,

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Manusia memang cenderung melampaui batas dan aniaya terhadap dirii sendiri. Melanggar aturan agama, menyepelekan segala laranganNya meski tahu itu akan memberi dosa pada dirinya.

Allah pengampun. Mendekatkan diri padaNya. Bersujud memohon ampun berlinang air mata dengan tulus ikhlas dan pertobatan penuh . Serta kembali melakukan ibadah yang bisa membuat Allah senang, insya Allah akan membasuh dosa Kita.

Janganlah pergi dari rahmat Allah. Raihlah terus keberkahannya. Karena Allah lebih senang apabila melihat hambaNya tak bosan beristighfar memohon ampun dan berserah diri pqdaNya, daripada manusia yang merasa dirinya suci dan lebih baik daripada manusia lain.


0 comments: