Tuesday, October 1, 2013

Destinasi Kota Surabaya

Ikon Kota Surabaya

Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur, merupakan kota metropolis ke dua di Indonesia. Selama ini hanya dikenal sebagai kota industri dengan banyak kawasan pabrik dan perdagangan. Namun saat ini pihak pemkot makin berbenah diri dalam industri pariwisata.
Seperti kota besar pada umumnya, pembangunan mall juga makin bertebaran di kota metropolis ini. Namun jangan kecewa dulu. Jalan jalan di kota Surabaya bukan hanya di mall. Ada beberapa tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam dan bangunan bersejarah.

Rek... Ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan ;

Lagu khas Mus Mulyadi ini jadi trade marknya arek Suroboyo dikala malam mingguan. Ya. Jalan Tunjungan merupakan jalan hang out yang asik di malam hari. Di mulai dari depan toko Siola (dulu) yang kini beralih menjadi mallnya Ramayana Deptstore. Tak pernah sepi geliat ekonominya dari pagi hingga malam hari. Apabila Kita menyusuri jalan ini terus ke selatan akan bertemu dengan Hotel yang menjadi monumen heroik arek suroboyo bersama si pembakar semangat, siapa lagi kalau bukan  Bung Tomo. Di sebelah kiri akan Kita temui Hotel Majapahit, dulu bernama hotel Oranye. Hotel di Surabaya , banyak terdapat di jantung kota ini. Hotel berbintang untuk para wisatawan dan pelaku ekonomi menginap, baik dalam dan luar negri. Berdampingan dengan jalan Tunjungan , ada hotel Sheraton ( Jln. Embong Malang ) Tarif cukup kompetitif dengan layanan yang memuaskan.  Karena , pada saat tertentu hotel disini akan memberikan penawaran khusus untuk para tamu. Kalau yang seperti ini akan membuat uang saku travelling menjadi lebih hemat bukan??.





Mall Tunjungan Plaza Surabaya


Melaju terus ke Selatan :

Orang Surabaya bilang, belumlah ke Surabaya kalau belum mengunjungi kebun binatangnya. Lokasinya terletak di selatan kota Surabaya. Koleksi binatangnyapun cukup lengkap. Saat ini banyak program yang ditawarkan oleh KBS, bukan hanya pertunjukan kepintaran binatangnya, tapi juga edukasi buat para pengunjung. Ada outbond untuk melatih ketrampilan dan keberanian anak anak.
Bagi wisatawan dari luar kota, tak perlu khawatir soal penginapan, Ada hotel nan nyaman dan cukup dekat jaraknya dengan kebun binatang ini  hotel Novotel misalnya, Anda bisa berjalan kaki ataupun berbecak ria sambil menikmati serunya kota Surabaya.

Utara Surabaya banyak menyimpan sejarah

Jembatan Merah Surabaya 

www.eastjava.com

Utara kota Surabaya banyak menyimpan bangunan bersejarah. Jembatan merah salah satunya. Jembatan berwarna merah ini sebagai saksi terbunuhnya Jend. Mallaby pada pertempuran melawan sekutu di tahun 1945. Disekitar jembatan ini banyak bangunan bersejarah peninggalan jaman kolonial Belanda. Para pecinta dunia fotografi banyak menggunakan obyek kota lama ini menjadi tempat favorit pengambilan gambar. Jembatan in membelah dua arah jalan , sebelah timur adalah jl. Kembang Jepun,  yaitu daerah chinatown dengan pusat kulinernya Kya Kya yang ramai di malam hari.
Kya Kya di malam hari
Sebelah barat jembatan merah ini akan ada Jembatan Merah Plaza dan Hotel Ibis. Masyarakat di sekitar Jembatan merah ini adalah masyarakat yang multi etnis. Merekalah yang bergerak giat sebagai pelaku ekonomi kota Surabaya . Maka ada beberapa nama kampung yang tubuh sesuai dengan etnis mereka. sebut saja kampung arab dan kampung pecinan. Kehidupan saling menghormati menjadikan tempat ini makin menjadi daya tarik tersendiri. 

                                                             seratusnegara.blogspot




Gambar di atas adalah beberapa bangunan kota tua di Surabaya

Wisata Kuliner nan menggugah selera

Bila Anda ingin berwisata kuliner ada beragam menu pilihan khas Jawa Timur. Apakah Anda penyuka pedas, silahkan unjuk keberanian Anda dengan bebek Sinjay yang sudah termashur itu, ada dibilangan Kapas Krampung. Jadi Anda tak perlu jauh jauh melintas selat Madura. Etapi bila ingin measakan sensasi indahnya Selat Madura dari atas jembatan Suramadu, itu akan memuaskan pasion makan Anda.

Siapkan lidah untuk menikmati kriuknya kecambah segar berpadu dengan bumbu dan sate kerang dari lontong balap . Di sepanjang Jln. Kranggan Surabaya , makanan ini banyak dijual. Dulu tepatnya di depan bioskop Garuda. Maka lebih dikenal dengan Lontong balap Garuda. Bila Berjalan sedikit ke arah timur , Anda akan menemui jalan Blauran, disini wisata kulier khas Surabayapun ada. Bukan hanya makanannya namun jajanannyapun ada.

Lontong Balap Suroboyo



Rujak Cingur

Coba juga rujak cingur atau saladnya arek suroboyo, perpaduan bumbu petis bercampur dengan sayur, buah dan cingur yang kenyal gurih. Makanan ini sangat tepat menemani Anda di teriknya kota Surabaya.

Untuk jalan jalan wisata alamnya, Surabaya juga memilikinya. Bukan hanya pantai kenjeran, kawasan nan asri dan sebagai pelindung lingkungan yaitu Kawasan hutan mangroove di Wonorejo, 



Tempat wisata ini memiliki nilai edukasi tinggi , bagaimana Kita menjaga kelestarian alam dan keseimbangannya. 

Tak cukup waktu sehari untuk menjelajah kota Surabaya. Apalagi bila Anda adalah seorang passion penjelajah kota bersejarah dan kuliner.
Tips sebelum Anda berwisata ke kota Surabaya.
1. Gugling dulu apa dan bagaimana sejarah kota ini. 
2. Carilah hotel atau penginapan yang dekat dengan tujuan Anda berwisata atau melakukan perjalanan bisnis.
3. Cari informasi promo akurat yang bisa membuat budget berwisata Anda menjadi lebih hemat.
4. Siapkan peta dan mintalah brosur pada agen perjalanan Anda, tempat wisata apa saja yang dapat Anda kunjungi.
5. Siapkan tubuh prima selama berwisata.


















3 comments:

muhammad ridwan said...

surabaya...
hampir semua yang ditulis disini sudah aku cicipi dan datangi, masih ada yang lain lagi tuh, coba googling lagi. kecuali kya kya kembang jepun yang sudah gak beroprasi lagi sepertinya...

obat herbal penyakit said...

arek2 suroboyo jadi pengen kesana

toko penjual ace maxs said...

seru banget tempatnya