Thursday, December 8, 2016

7 Hal Mengapa Berwisata Edukasi Back to Nature Di PPLH Seloliman, Trawas Mojokerto

 

Masih membahas tentang Seloliman nih, bukan hanya PLTMHnya saja yang menarik untuk dicermati. Yayasan lingkungan hidup Seloliman juga memiliki tempat wisata yang bersifat edukatif. Yaitu PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) Seloliman. Tempatnya asyik banget. Karena terletak dilereng gunung Penanggungan, membuat udara di sini masih sejuk cenderung dingin. Meskipun letaknya tak terlalu jauh dari kota Surabaya yang panas.



 Mari belajar mencintai dan merawat lingkungan
Wisata tak hanya kita bisa menginap di bungallownya saja. Di sini juga memberikan wisata pendidikan bagi keluarga ataupun instansi dan sekolah sekolah. Banyak sekolah yang mengadakan studytour di PPLH Seloliman. Tak hanya mempelajari tentang energi terbarukan atau PLTHnya saja , tapi juga edukasi akan pentingnya mencintai dan merawat lingkungan sekitar kita.
Apa saja yang disediakan wisata PPLH Seloliman, yuuk cus, kita  ngulik satu persatu.:
1. Bungalow

Tarif  bungalow di sini masih relatif terjangkau. Hanya dengan uang sekitar 300ribu, kita bisa mendapatkan bungalow dengan view yang bisa kita pilih sendiri. Terdiri dari satu ruangan dengan 2 single bed dan 1 double bed. Cukuplah buat satu keluarga kecil. Uniknya bungalow di sini memiliki kamar mandi di luar ruangan. Ala ala mandi di pedesaan gitulaah, terbuka alami. Kadang kalau kita mandi kita ditemani oleh suara jangkrik, kodok atau tonggeret. Simfoni yang indah, bukan?. Eiits jangan khawatir. Tak perlu takut diintip orang kalau pas lagi mandi. Kamar mandinya dikelilingi tembok, dan bungalow satu sama lain jaraknya lumayan jauh, dan diatur sedemikian rupa agar tak bisa terlihat satu sama lain.



 kamar mandi yang terletak di luar ruangan

2. kalau berkunjung ke sana dengan keluarga besar atau instansi dengan banyak orang, saya sarankan menyewa guest house yang muat sampai 78 orang Lebih banyak memuat orang, luas dan nyaman tempatnya.



 3. Jangan khawatir soal makan, karena di jam makan siang dan malam, restoran Seloliman menyediakan makanan dan minuman khas tradisional. Ada secang dan  bandrek. Juga disediakan makanan umbi umbian dengan cara direbus. Dan yang paling ciamik, makanan di sini dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa kimiawi alias Non MSG. Bahan bahannyapun organik, ditanam dan dipupuk dengan memakai pupuk organik pula.


 Makan ditemani alunan bunyi gamelan




Apabila siswa atau sekolah mengadakan study tour di PPLH Seloliman, selain ada outbond juga ada edukasi mengenal tanaman toga, cara pembibitan, penanaman dan masa panen. Siswa juga diajari mengenal, mencintai dan merawat lingkungan. Di setiap sudut terdapat tempat sampah dengan 2 peletakan. Sampah oragnaik dan non organik. Seperti kita tahu, bahwa tempat wisata di manapun,permasalahan yang datang adalah soal sampah. Wisata dan makan dua hal yang tak terpisahkan, bukan?. Kita belajar banyak mencintai sampah juga lhoo.


 Olah jemari sebelum tidur

4. No TV no signal
Ini yang menarik tapi juga sedikit kurang nyenengin buat wisatawan lokal yang tv adictif. Jangan harap di sini anda semua bisa melihat TV dan mendapatkan signal handphone yang nancap. Mungkin memang di design seperti ini. Agar kita benar benar merasa menyatu dengan alam. Cukuplah kita mendengar simfoni suara serangga hutan yang iramanya jauh lebih syahdu daripada alunan orkestra bertaraf internesyenel. Dengan tanpa signal hp yang memadai, kita jadi kembali ke asal sebagai manusia. Berinteraksi yang sesungguhnya tanpa mentelengin hape. Atau sedikit sedikit liat komen di medsos. Back to human sisi humanisme kita. Wisatawan luar negeri banyak juga yang berkunjung ke mari, mereka benar benar ingin merasakan keheningan hutan jauh dari hiruk pikuk kehidupan metropolis.



 Lupakan sejenak tentang momwar dan medsos..:)

5. Menyusuri lereng gunung Penanggungan
Letak wisata PPLH Seloliman memang di lereng gunung Penanggungan Trawas, Mojokerto. Bagi anak anak dan orang tua yang belum sanggup untuk mendaki gunung, maka pilihan tepat untuk nepak tilas lereng gunung adalah alternatif lain untuk mengenal lingkungan pegunungan. Sambil menikmati indahnya alam kita juga bisa berolah raga dan bersenang senag bermain air . So, siapkan fisik yang kuat apabila anda sekeluarga mengikuti paket edukasi yang sediakan oleh pihak penyelenggara. Ikuti dengan cermat rundown dan jalani sesuai arahan untuk keselamatan dan kenyamanan kita.


 Menyimak rundown 

 Mulai menyusuri lereng gunung Penanggungan


Di balik hutan lebat
Di sini ada ikan gak yaa

Bermain dijernihnya aliran sungai


6. Edukasi kebersamaan, gotong royong with fun and funny
Paket wisata di sini memang lengkap. Mereka juga mengadakan game game lucu di sela usai makan malam dan sebelum kita bersenang senang menelusuri lereng gunung Penanggungan. Kita bisa tertawa bersama dan menertawakan diri sendiri untuk menciptakan kebahagiaan. Rehat sejenak dari rutinitas sehari hari.


Bukan antri beras, lets start have fun

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
Edukasi team work

7. Mari belajar dari meracik wedang secang
Selain menelusuri lereng gunung, yang saya sukai dari paket wisata di sini adalah pelatihan membuat wedang secang. Yaitu minuman yang terbuat dari akar secang dan rempah rempah lainnya. Ini khas emak emak, selalu mau tahu tentang resep membuat sesuatu, tapi membuatnya sendiri? kapan belum tahu...ehm.


 Belajar membuat wedang secang

Mari menikmati hangatnya wedang secang

Bagaimana?, anda tertarik juga berwisata edukatif dan back to nature...



Sinar matahari menyeruak lembut dari balik pepohonan di pinggir hutan








0 comments: