Friday, November 28, 2014

Vitamin C Sebagai Pengendali Daya Tahan Tubuh


Musim pancaroba sudah tiba. Cuaca ekstrim bisa datang begitu saja. Siang hari udara panas menyengat, namun di sore dan malam hari hujan tiba tiba datang dan udara berubah menjadi dingin. Tentu hal ini akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Dalam keadaan seperti ini tubuh akan berusaha menyesuaikan dengan perubahan udara atau temperatur sekitarnya. Apabila imunitas tubuh menurun maka bisa dipastikan bahwa berbagai macam virus yang menyebabkan penyakit akan hinggap di tubuh. Jenis penyakit yang sering datang pada peralihan musim ini adalah influensa, gangguan saluran pernafasan, dan gangguan pencernaan. Virus penyebab penyakit ini akan berkembang biak dengan pesat saat terjadinya perubahan cuaca. 

Apalagi bagi masyarakat perkotaan sangat rentan akan penyakit. Tubuh tak hanya berjuang dengan kondisi perubahan cuaca tapi juga gempuran polusi udara dari polutan asap kendaraan bermotor, industri pabrik juga asap rokok yang betebaran di tempat umum. Kemacetan lalu lintas yang dihadapi oleh para pengengguna jalan raya dan tuntutan pekerjaan juga dapat mengakibatkan stres. Hal ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh juga menurun. Efeknya sangat terlihat pada wajah yang kusam , dan kondisi kulit bersisik. 

 Pencegahan terhadap virus penyakit 

1. Konsumsi buah dan sayuran
Bagaimana cara melindungi imunitas tubuh?. Maka pencegahan yang paling tepat adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi buah atau suplemen yang mengandung vitamin. Vitamin C  sebagai pengendali daya tahan tubuh manusia banyak terdapat pada buah buahan. Seperti buah jeruk, mangga, nanas, apel dan pisang. Buah Jeruk memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan buah lain. Buah ini tak hanya murah harganya, tapi juga mudah untuk kita dapatkan.


Banyak suplemen vitamin C yang beredar dipasaran. Semua membawa manfaat sebagai pengendali daya tahan tubuh. Vitamin tersebut dikemas dengan berbagai macam bentuk. Untuk anak anak yang sulit untuk makan buah dan sayur, vitamin C dikemas dalam bentuk buah buahan atau animal yang unyu unyu. Harganyapun variatif. Dari yang murah sampai harga yang mahal. Jadi pilihan ada ditangan konsumen. Namun tentu saja yang terbaik adalah yang natural, atau bersumber dari buahnya secara langsung. Yaitu konsumsi buah dan sayuran segar. 

2. Istirahat yang cukup
Sebanyak apapun kita mengkonsumsi vitamin dan suplemen , namun apabila tubuh tak memperoleh haknya untuk diistarahatkan secara cukup, semua akan sia sia. Karena tubuh akan tumbang juga bila tak kita jaga.

3. Olahraga
Menyempatkan diri untuk berolah raga selama 30 menit dalam sehari. Minimal 3 x dalam seminggu adalah cara bijak untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Karena selain mengkonsumsi vitamin C untuk mencegah penyakit yang masuk dalam tubuh, olah raga juga mampu melawan penyakit. Jalan kaki , lari atau treathmill adalah olah raga yang murah meriah tapi banyak membawa manfaat bagi kesehatan.

Mengolah buah yang mengandung vitamin C

Negara kita adalah negara tropis penghasil berbagai macam buah. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh kita, rasanya tak perlu kita mengkonsumsi buah import. Pengolahan buah inipun beraneka macam. 

1. Bisa dengan kita makan secara langsung 
2. Olah menjadi  jus segar, 


3. Jadikan alternatif sebagai food combining ( perpaduan anatara buah dan sayuran)


Semua tergantung selera. Yang terpenting adalah, cukupi asupan vitamin secara proporsional tak berlebihan . Bukankah pencegahan lebih baik daripada mengobati. Bila sehat itu bagi sebagian orang merupakan hal yang mahal, tapi sakit jauh lebih mahal. 

Keep be healthy dan jadikan  vitamin C sebagai pengendali daya tahan tubuh kita.


6 comments:

Santi Dewi said...

ngeliat fotonya, warna warni yg begitu segar dilihat hehehe... komennya OOT :)

Esti Sulistyawan said...

Dengan vitamin C tubuh bisa bertahan kalau pas ada perubahan cuaca ya
Makasi atas partisipasinya :)

ARgaliTHA said...

cara paling gampang emang dengan ngejus, cepet diminumnya jadinya kebutuhan vit c lekas terpenuhi^^

Ynne water flow said...

Mbak Santi, OOT kan mang lagi ngetrend yak..:D

Ynne water flow said...

Mbak Esti, makasih atas kunjungannya..:)

Ynne water flow said...

Dear Artha, ngejus emang seger. Cuma terkendala waktu. Bat..demi kesehatan atuuh..:)