Saturday, November 12, 2016

Pembangkit Listrik Tenaga Microhidro/ PLTA Seloliman, Trawas Mojokerto #WisataEdukasi


PLTMH atau pembangkit listrik tenaga air seloliman menurut saya merupakan salah satu wisata edukasi yang ada di Indonesia. Terletak di lereng gunung Penanggungan, desa Seloliman, kecamatan Trawas , kabupaten Mojokerto. Sejarahnya, sekitar tahun 90an, usai terjadi kebakaran hutan yang menghanguskan sebagian wilayah gunung Penanggungan. Alam menjadi rusak, pasokan air untuk penduduk setempat menjadi berkurang. Dan parahnya, penduduk setempat belum memiliki pasokan aliran listrik. Atas kondisi dan keprihatinan penduduk setempat, maka pada tanggal 15 Mei 1990, masyarakat setempat membentuk sebuah paguyupan yang dinamakan Yayasan Lingkungan Hidup Seloliman.

 Gunung Penanggungan

Fokus utamanya adalah pemberian edukasi pada msyarakat setempat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Apalagi setelah kerusakan akibat terbakarnya gunung Penanggungan yang dampaknya luar biasa bagi pertanian dan kehidupan penduduk setempat. Reboisasi atau penanaman hutan kembali mulai digalakkan. Memberikan edukasi akan pentingnya menggalakkan penanaman pohon di hutan agar tak terjadi longsor ketika hujan lebat, yang membahayakan pemukiman sekitar lereng gunung. Juga, terjaganya ketersediaan sumber air. Apabila hutan gundul otomatis air hujan tak bisa tersimpan dalam akar. Habitat dan ekosistem hutan harus tetap dijaga dan dilestarikan.

 Sumber mata air Seloliman

Ketika, yayasan lingkugan hidup ini makin berkembang berkat kerja keras penduduk setempat, makin berkembang pula taraf hidup masyarakat sekitar. Gunung Penanggungan kembali subur dan hijau kembali. Di Seloliman ini juga membangun pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Berkat pembangkit listrik inilah masyarakat Seloliman bisa merasakan aliran listrik murah bahkan gratis. 

 Jalan setapak menuju PLTA Seloliman

Pembangkit listrik tenaga air Seloliman terletak 2 km sebelum PPLH Seloliman berada. Kita harus melewati pematang sawah dan sungai kecil yang segar dan bersih. Perjalanan jalan setapak dengan udara yang segar memberikan sensasi tersendiri. Rasanya tak perlu memakai alas kaki untuk menuju ke sana. JAlan akan bertambah licin dimusim hujan. Batu batu kecil akan menambah nikmat kaki kita seperti merasakan sensasi pijat refleksi. Pokoknya wisata ini lengkap. Selain edukasi juga olah raga.



Tempat generator dan control panel PLTA Seloliman

Di dalam bangunan kecil di atas  tersimpan generator yang menggerakkan pembangkit listrik tenaga air. Pembangkit listrik ini emanfaatkan derasnya aliran air di sepanjang persawahan dari hulu gunung Penanggungan sampai hilir. Pengairan sawah penduduk setempatpun memanfaatkan PLTA ini. See, energi terbarukan memang sangat potensial untuk membuat elektrisasi penduduk Indonesia yang belum tersentuh listrik negara. 

 Control panel PLTA Seloliman

 Mesin Penggerak PLTA

Tak ada salahnya bagi kita untuk memberikan wisata edukasi bagi keluarga. Tak melulu hanya pergi ke mall untuk mengisi liburan. Akan tetapi juga memberikan liburan yang sarat ilmu pengetahuan dan mengajak untuk menghargai alam dan lingkungan sekitar kita.

0 comments: