Monday, April 8, 2013

Jalan jalan seru go to Seloliman Trawas di ulang tahunku...

Hai Keke & Naima,sebelum Aku cerita pengalaman seruku kali ini,salam kenal yaaa...
Namaku Javir Daffa,rumahku di Sidoarjo Jawa Timur. Aku ingin berbagi cerita dari pengalaman seru di ulang tahunku. 1 April tahun ini usiaku tepat 12 tahun. Buatku ini adalah hadiah ulang tahun terindah dan teristimewa dari Allah. Sudah lama Aku ingin mendatangi tempat pariwista yang letaknya di balik gunung penanggungan ,Trawas Mojokerto.Namanya PPLH Seloliman,kalau Keke & Naima pingin tau lebih banyak,bisa intip di sini yaaa http://www.pplhselo.or.id/.



Kok jalan-jalannya ke Pusat pendidikan yaaa...hehe,jangan salah di sini meskipun tempatnya terpencil,tapi sangat asri dan udaranya sejuk buaaangeet .


Foto disamping adalah gerbang masuk PPLH Seloliman.Sayangnya Aku gak sempet foto di depannya...:(. Senengnya masuk are ini Kita tidak dipungut biaya tiket masuk. Semua orang bebas masuk ke area ini,hebaat kaan?.
Di PPLH Seloliman ini ,secara tidak langsung Kita juga diajari bagaimana cara membuang sampah yang benar.Yaitu sampah kering dan basah,harus dibuang di tempat yang berbeda. Maksudnya di pisahin. Ada beberapa tempat sampah,untuk samapah basah,sampah berupa kertas,dedaunan,dan pecahan kaca. Melihat ini Aku jadi merasa bersalah. Karena beberapa hari lalu,Aku membuang pecahan piring kaca ke tempat sampah gitu aja,duhh gimana kalau terkena tangan Bapak tukang sampah ya?,aku berjanji mulai hari harus lebih perhatikan hal-hal kecil seperti itu. Karena ternyata dapat berakibat fatal. 


Coba baca tulisan di foto ini,ternyata proses hancurnya sampah yang Kita buang tidaklah sama. Contonya saja sampah plastik,wuiihh perlu waktu 80 tahun untuk hancur. Kasihan ya bumi Kita, hanya untuk menghancurkan sebuah sampah plastik,dia membutuhkan waktu puluhan tahun. Padahal hampir tiap hari kalau Kita jajan di sekolah atau di mini market pasti dibungkus plastik.

Kata Bunda,kalau Kita belanja ke manapun juga, usahakan Kita membawa kantong belanjaan sendiri,agar tidak terlalu banyak membuang sampah plastik.Itu cara Kita mencintai dan merawat bumi Kita. Kak Javir harap Dik Keke dan Nai begitu juga yaaa...mari Kita cintai bumi dari hal-hal kecil yang bisa Kita lakukan.


Disinipun Aku jadi tau beberapa macam tanaman obat keluarga/toga, apa manfaatnya dan bagaimana menanamnya.Indonesiaku memang kaya dan indah. 




Itu Aku dan kakakku  Nara,nah dibelakang Kami adalah piramida yang berfungsi untuk pemanas air. Hebatnya pemanas yang ada di bungalow seloliman ini tidak menggunakan listrik lho,tetapi menggunakan piramida yang kacanya berfungsi untuk mengalirkan panas matahari kedalam celah-celah logam hitam yang ada didalamnya. Kalau mau tau lebih jelas,Keke dan Nai bisa baca di sisni ya...hehe,jariku mulai capek ngetik nihh,maaf yaaa


 Eh...yang seru disini juga ada outbondnya lhooo,tapi....sssstt, liburan Kami tidak pernah lepas dari kata "Hemat", karena harus hemat,makanpun Kami membawanya dari rumah. Pagi buta Bunda sudah memasak untuk jalan jalan ini. Persiapan mulai sarapan hingga makan siang nanti .Tidak ada uang untuk ikutan outbond,jadi aku tidak ikutan outbondnya,maka Aku cari kesenangan sendiri saat berada PPLH  Seloliman. Diantaranya adaaalaah...cihuyyy maiiiin aiiir di kali kecil deket persawahan,buatku inilah yang paling seru. aku dan kak Nara bisa main sepuasnya. Tengok video Kami ....wkwkwk narsis.com nihh

http://youtu.be/iY3JEafbi48 dan http://youtu.be/WonHblSMkxE

Hampir dua jam Aku,kakak dan Bundaku bermain air di sungai ini. Airnya jernih dan deras. Air sungai ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar Seloliman ini untuk mengairi sawah juga untuk PLTMH yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Microhidro atau tenaga air. Karena ,ternyata disini listrik dari PLN belum ada


 Ini foto tempat mesin pembangkit listriknya

Dan ini mesin yang digunakan untuk menggerakkan airnya.


Bundaku memang paling top kalau mencari tempat wisata,maksudkuuu...selalu gak pernah jauh dari ilmu pengetahuan..hehehe. Jadi selama jalan-jalan ,Bundaku gak pernah berhenti menjelaskan ini dan itu. Dan kebiasaan Bunda yang Aku kurang suka(ssst..jangan bilang-bilang Bundaku ya), seusai liburan pasti Kami disuruh bikin karangan yang isinya tentang liburan Kami..hadeeehh..kayak PR sekolah aja ya dik. Eh...Apa mama dik Keke dan Naima juga gitu...:).

Sepulang dari Seloliman meski lelah,rasa senang dan syukurku tidak terkira. Terima kasihku pada Allah yang telah melimpahkan rejeki pada Bunda dan orang yang kusayangi ,hingga bisa memberikan hadiah ulang tahun untukku yang ke 12 tahun ini. Sungguh ini adalah hari yang tak terlupakan seumur hidupku....kak Javir berharap,suatu hari nanti Kami bisa kembali ke sini dan bisa menginap di salah satu bungalownya. Pasti lebih asyiik..:)



Gambar ruang tidur di bungalow Seloliman


Salah satu bungalow di Seloliman tampak dari depan

Bagaimana Dik Keke dan Naima,semoga cerita liburan seru di hadiah ulang tahunku ini bisa membuat kalian ikut senang dan ingin datang ke PPLH Seloliman juga ya. Kalau butuh pemandu wisata,Kak Javir siap jadi pemandu kalian...:D

http://www.kekenaima.com/2013/03/1st-giveaway-jalan-jalan-seru-untuk.html

4 comments:

myra anastasia said...

jalan2 sekaligus ada nilai edukasinya. Terima kasih sdh berpartisipasi :)

Enny ridha alin said...

Makasih juga mbak myra : senang ikut berpartisipasi di GAnya mbak. Menang/kalah hal yang biasa,ikut berpartisipasi adalah hal yang luar biasa buat saya sebagai seorang blogger pemula. Dan mbak adalah salah satu inspirasi Saya. Smg sukses menjadi Srikandi blogger 2013 ya maak...:)

windi teguh said...

tempatnya baguuus, adem . pengen deh kesana

Enny ridha alin said...

yuuk mareee mak windi,aku siap siaga jadi guidenya kok...