Wednesday, November 16, 2016

Perempuan Barista

Barista




Kata barista berasal dari Italia yang artinya seseorang yang meracik dan membuat menyajikan kopi untuk bisa dinikmati oleh pelanggan. Barista berasal dari Bahasa Italia artinya “Pelayan Bar” yang menyajikan secangkir kopi espresso. Menilik dari pekerjaan seorang Barista adalah pekerjaan yang menarik. Bagaimana seorang Barista , harus mampu meracik dan meramu kopi dengan takaran yang pas, sehingga dapat dinikmati oleh pecinta kopi. 
Penjelasan di atas hanyalah sekelumit dari berbagai pengertian kata Barista dari satu negara saja. Sedangkan dibeberapa negara lain pengertiannya bisa jadi berbeda. Barista pekerjaannya biasanya di bar, café atau resto yang menonjolkan sajian minuman berbasis kopi. Lalu bagaimana dengan seseorang yang bekerja dalam dunia warung kopi. Seperti kita ketahui warung kopi sangat menjamur saat ini. Dan menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Bahkan seorang pebisnis warkop, berani merogoh koceknya yang paling dalam untuk sekedar membuka warkop, asalkan letaknya strategis.

Tentu saja , perbedaannya dengan café yang memiliki barista professional dengan ilmu yang mumpuni dan jam terbang tinggi berbeda cara dengan pelayan di warkop. Namun pekerjaannya tetap sama, yaitu meramu dan menyajikannya kepada konsumen. Biasanya warkop tidak hanya menyajikan kopi instan sache yang beredar di pasaran, akan tetapi juga punya racikan kopi espresso serta penyajian yang berbeda pula di tiap daerah di Indonesia.
Setelah searching kesana kemari mencari tahu apa itu barista. Ada beberapa perbedaan antara barista warkop dan café. Barista bar atau café bekerja lebih banyak di belakang layar. Mereka tidak menyajikan langsung kepada pembeli. Barista adalah ujung tombak dari sebuah café kopi. Sedangkan barista warung kopi, dia menjalankan beberapa pekerjaan sekaligus. Bahkan hampir semua aktifitas warkop dia handle. Mulai dari mempersiapkan perangkat , bahan kopi hingga meja meja yang harus dirapikan dan dibersihkan sebelum pengunjung datang. Semua hal yang ada di warkop, baristanyalah yang mempersiapkan. 
Dan yang menjadikan barista warkop lebih unik daripada barista bar atau café adalah, seorang barista warkop harus bisa menjaga komunikasi yang baik dengan pengunjung. Membaca karakteristik tiap pelanggan, agar mereka merasa welcome di warkop kita. Dan bila barista warkop perempuan maca ana, tentu ini menjadi tantangan tersendiri. KArena kopi dan lelaki adalah satu paket yang tak  bisa dihindari.
Apabila Anda juga menjadi barista sebuah warkop yang imagenya terkadang tak begitu enak didengar, tetaplah menjadi barista yang terhormat , bagaimanapun pekerjaan barista adalah pekerjaan terhormat dan mulia. Karena dengan secangkir kopi ramuan Anda, seseorang akan mampu menghadapi harinya dengan semangat.
Salam Barista

0 comments: