Tuesday, January 10, 2017

Kebaikan Menghapus Dosa


Di dunia ini gak ada manusia yang tanpa dosa. Sengaja atau tidak disengaja, dosa selalu mengintai kehidupan kita sehari hari. We just human being, lidahpun tak bertulang. Jangankan ucapan secara lisan, ucapan dalam hati saja bisa menimbulkan dosa. Ucapan yang gimana tuh?, ya ucapan yang bisa melukai hati orang lain, ucapan yang bisa menimbulkan fitnah dll. Hati yang diam diam menyimpan kebencian, kemarahan, iri dan dengki. Semuia itu menimbulkan dosa bukan?. 
Ibarat kaca jendela rumah yang tak pernah tersentuh lap basah untuk menghilangkan debu yang menempel, demikian juga dengan dosa sosa yang menempel di tubuh kita. Bila tidak tiap hari kita bersihkan, dosa akan menumpuk dan ujungnya hidup kitapun kian terpuruk dalam lembah dosa, susah mengentaskannya. 
Bila hidup kita berkubang dalam dosa, tentu hidup kita tak akan berkah. Diam diam rasa resah mengintai. Susah tidur, rasa cemas berlebihan. Meskipun harta benda berlimpah, hati tak bahagia. Hidup jadi tidak tenang. Namun janganlah takut. Jangan berpaling dari kebaikan Allah. Allah maha pengampun. Sebesar dan seluas apapun dosa kita Allah akan mengampuni. Dalam Al Quran telah disebutkan bahwa :


قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ 
(53) وَأَنِيبُوا إِلَى رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ (54)

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

Tentu saja, rasa penyesalan kita akan dosa yang telah kita perbuat haruslah sungguh sungguh dan penuh ketulusan. Memohon kepada Allah dengan suara lembut dan penuh penyesalan. Berbaik sangka dan yakin bahwa Allah pasti akan mengampuni semua dosa dosa kita.  Ada baiknya kita lakukan sholat sunah taubat 2 rakaat. Jangan itung itungan, ngerasa dosa kita kecil, sekedar beristighfar aja secara lisan, padahal dosa kita segede kapal perang. Dengan sholat taubat kita bisa langsung menghadap pada yang memiliki hidup. Ambil air wudlu untuk membuat seluruh tubuh kita jadi adem dan tenang. Berharap Allah melunturkan semua dosa tersiram laksana air wudlu mensucikan tubuh kita. Selesai shalat, banyaklah istighfar. Memohohan pengampunan. Bersujud memohon ke[ada Allah, agar taubat kita diterimaNya, dan Allah akan selalu melindungi kita, menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar dan dosa kecil.

Ada baiknya kita selalu membasahi bibir kita dengan beristighfar. Setiap saat setiap waktu. Dengan demikian kita akan selalu mengingat Allah, takut akan melakukan perbuatan dosa lagi. Bukan itu saja yang bisa menghapus dosa. Kebaikan yang kita lakukan sekecil apapun bisa menghapus dosa.

Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk” (Qs. Huud: 114).
Perbuatan baik seperti apa?. Menolong orang yang sedang mengalami kesulitan adalah perbuatan baik. dan itu bisa menghapus dosa. Yaah...tentu saja asalkan kita tulus melakukannya, tak menghitung hitung kebaikan kita dan tak menyakiti hati orang yang kita tolong. Bahkan menyingkirkan paku atau batu yang ada di tengah jalanpun, sudah merupakan kebaikan yang mendatangkan pahala dan menghapus dosa. Maka, jangan pernah meremehkan kebaikan yang telah kita lakukan, sekecil apapun itu. Dan semoga Allah melindungi kita dari segala perbuatan dosa.


2 comments:

Saribainbridge.com said...

Berbuat baik selalu indah 💛 btw About me nya Enny pas diklik ngga muncul2 En, hehe keppo ya mau tau banget about you

Ade UFi said...

Suka dengan tulisannya. Berarti saya masih kurang baik sama yang lain. Hiks