Monday, January 27, 2014

Pemanis Alami Untuk Hidup Lebih Sehat



Rasa manis siapa yang tak suka, hampir semua masakan dan minuman memerlukan bahan pemanis. Namun saat ini banyak beredar makanan yang menggunakan bahan pemanis buatan. Para penjual makanan seolah tak memperdulikan akan bahayanya. Pemanis buatan dapat merusak ginjal, dan gangguan lambung. Dan ini seringkali merambah pada jajanan sekolah dasar, membidik anak anak sebagai penyuka rasa manis. Terutama permen dan minuman berupa powder yang marak beriklan di televisi.  

Tulisan ini mencoba mengajak pembaca untuk kembali ke alam, serta mengajak kembali untuk membudayakan hidup sehat, berawal dari makanan. Berawal dari rumah. Berawal dari ajakan Giveaway Ikutan Menulis Tentang Pemanis Sehat Yuuuuk by mbak Evi Indrawanto.  







Manfaat gula aren untuk berbagai penyakit

Palm sugar atau gula aren  merupakan pemanis sehat alami yang cukup aman bagi tubuh. Unsur vitamin B yang terkandung di dalamnya cukup lengkap.Yaitu vit B1, B2, B3, B6 dan B12, juga ada Vitamin C dan garam mineral.

Banyak manfaat  yang bias didapat dari mengkonsumsi gula aren. Terutama untuk penderita diabetes mellitus. Karena kandungan gulanya tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula darah. Dan proses pembuatannya tidak menggunakan zat kimia. Jadi aman bagi penderita diabetes. Anjuran menngunakan gula aren untuk penderita diabetes juga ada dalam postingan mbak Evi dalam Arenganya bahwa menanggulangi diabetes dengan makanan bisa membawa penyembuhan.


Dulu, Saya kurang menyukai gula berwarna coklat ini. Karena rasanya kurang pas di lidah Saya. Tetapi sejak menikah dan suami Saya dulu memiliki penyakit  kelainan pada jantung, saya harus ekstra hati hati dalam menyajikan menu makanan dan minumannya. Penderita penyakit ini tidak bisa terlalu capek dalam beraktifitas, karena cenderung gampang lelah. Tak boleh juga mengkonsumsi multivitamin tanpa memakai resep dokter. Dan penyakit yang harus dihindari adalah batuk. Batuk akan memicu kerja jantung, semakin keras batuk akan semakin sakit pada bagian jantungnya.

Untuk melakukan operasi pada penyakit jantung bocor (PJB) bukanlah perkara mudah.  Perlu biaya yang tidak sedikit dan persiapan mental yang kuat. Dan selama menuju ke arah itu, Almarhumah Ibu Saya menganjurkan memakai gula aren sebagai pengganti gula pasir sebagai pemanis dalam makanan dan minuman Kami sekeluarga. 

Ada minuman khusus yang Saya sediakan setiap sore hari, yaitu rebusan biji kapulaga yang dituang dalam teh celup dan gula aren/merah cair sebagai pemanisnya. Minuman ini memberikan efek hangat pada tenggorokan dan badan, jadi bisa sedikit mencegah penyakit batuk akibat makanan diluar rumah yang dikonsumsi. Terutama dampak dari makanan gorengan. Di rumah semua makanan terjaga, tapi kalau sudah di luar rumah, siapa yang bisa memantau kan?. Jadi pintar pintar menyiasati agar sakit tak mudah menjangkit.




Nah, untuk suplemen saat kondisi tubuh sudah mulai lelah selama dalam menjalankan peran sebagai pencari nafkah, Saya memberi bekal pada Ayah dari anak anak Saya, berupa irisan gula merah, sebagai pengganti permen. Ini dikarenakan gula merah/gula aren memiliki kalori yang cukup tinggi. Seperti pada pengalaman Saya dulu, saat mendaki gunung Penanggungan di masa SMA , karena ini adalah pendakian pertama, Saya menanyakan apa yang bisa memberikan energi tambahan saat Kita sudah lelah sebelum mencapai puncak gunung.. Pembina club pecinta alam menganjurkan Kami untuk membawa bekal gula merah selama pendakian .


Sesaat di puncak ke 2 gunung Penanggungan Trawas Mojokerto
 
Lalu hal ini Saya terapkan untuk bekal Suami yang mengidap PJB. Irisan gula merah , Saya  bungkus dalam kertas minyak , dalam bungkus seperti permen. Ribet sih, tapi daripada sakit dan harus mengeluarakan banyak uang ?. Semua jalan harus ditempuh demi menjaga kesehatan bukan ? tak harus mahal, asal aman dan alami itu merupakan point penting bagi penderita PJB.









Gula Aren sebagai pemanis sehat pada makanan

Untuk menopang ekonomi keluarga, Saya juga pernah berjualan kue cucur yang Saya titipkan pada warung di sekitar rumah Saya. Sebagai pemanisnya, Saya gunakan gula merah yang sudah dicairkan, Kalau menggunakan gula pasir warna dari kue cucur tidak secantik saat memakai gula merah, rasa manisnyapun jadi sangat manis. Menggunakan gula merah rasa manisnya jadi mondo mondo (bahasa Jawa, yang artinya rasa manis yang pas dan tidak eneg ).


Gula aren juga Saya tambahkan pada menu takjil saat berbuka puasa di bulan ramadhan. Pisang panggang bertabur gula semut menjadi menu  andalanku . Selain rasa lebih legit, kembali pada fungsi gula aren sendiri yang dapat menambahkan kalori pada tubuh. Apalagi saat ini masyarakat sudah sangat peduli akan kesehatan dan back to nature. Gula aren yang dulu identik untuk kalangan orang desa, sekarang merambah pada kalangan kaum modernitas. Beberapa bake terkenal juga sudah mulai menggunakan gula aren atau gula semut sebagai pemanis dan penambah cita rasa yang berbeda untuk beberapa jenis item bakenya. 

Maka yang terbaik adalah kembali ke alam dan bijak dalam pemilihan untuk kesehatan. Pemanis alami merupakan solusi terbaik untuk itu, karena pemanis buatan dapat menimbulkan penyakit. Yang tak alami dapat merusak organ tubuh.












14 comments:

Kopiah Putih (Abdur Rosyid) said...

Dirumah, ini sering dipakai ibu saya untuk campuran bubur.. :)
Memang manisnya alami.

Salam..

belalang cerewet said...

gula aren emang bertenaga buat nambah energi. buat masakan juga maknyus banget. sehat dan nikmat. slurrp--sambil comot cucurnya :)

Evi Saja said...

Terima kasih, Mbak Enny.
Salam sehat palm sugar :)

enny said...

Abdur Rosyid, bubur sumsum dan bubur madura, memang legit bila pakai gula palm cair

enny said...

Mas Belalang cerewet, akuurr
#sodorin keu cucur

enny said...

Salam hangat juga mbak Evi..

Tarry KittyHolic said...

Ngiler sama kue cucurnya, udah luama banget ga menemukan kue ini mbak. hikz

Bikin minuman pakai gula aren pasti agak ribet ya mbak? Tapi demi kesehtan sepertinya harus mencoba nich

Lozz Akbar said...

Terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak

Enny ridha alin said...

Makasih Uncle..:)

joe said...

yang alami memang lebih sehat dan efek sampingnya kecil

isnuansa said...

Kue cucur adalah kue kesukaan saya sepanjang masa Mbak.. Enak banget. tapi kadang suka kemanisan juga sih, bikinnya.

enny said...

Joe..back to nature harus labih digiatkan lagi

enny said...

Isnuansa, karena itu Saya lebih suka memakai gula aren sebagai pemanisnya. Jad rasanya gak eneg mbak

enny said...


Tarry KittyHolic , yuk main ke Sidoarjo. Pasti Aku suguhin kue cucur..:)