Friday, January 22, 2016

Dahsyatnya surat Al INsyirah





Semua manusia pasti pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Bahkan terkadang kesulitan datang bertubi tubi menghadang asa dalam hidupnya. Reaksi seseorang beraneka macam dalam menghadapi masa sulitnya. Di korta besar, pengaruh buruk lebih gencar mendera dari pad acara lebih mendekatkan diri kepada yang maha memberi  solusi.

Pun saya , pernah mengalami masa su;it. Kemanapun kaki melangkah meminta pertolongan yang ada hanya disalahkan, dicibir, bahkan dicaci.  Hidup serasa di ujung tanduk dan tak ada jalan keluar untuk terlepas kebuntuan. Disitulah, terkadang Allah memberi kita ujian yang dalam , agar kita menyadari bahwa tak ada yang pantas untuk dimintai pertolongan selain Dia. Apapun masalahmu.

Seorang teman mengirim sebuah pesan, "Bahuku bukanlah tempat yang tepat menjadi sandaran kesedihanmu. Aku rasa kamu tak pernah lupa, ada sajadah tempatmu mengadu. Bukankah kamu tahu, bersama kesulitan pasti ada jalan. Bacalah semampumu. Mohon padaNya, agar membukakan jalan bagi kesulitanmu".


Pesan itu, menggetarkan seluruh sanubari, mungkin selama ini sajadah hanya sekedar sajadah. Tak bersungguh sungguh awak ini memohon padaNya. Seolah manusia lebih nyatta untuk kuminta pertolongan segala kesulitan. Bergetar jemari membuka firmanNya, kubaca berkali kali tiap ayat, meyakinkan diri, hanya Allah tempat aku meminta, apapun itu. Segala sesuatu yang seolah tak mungkin bagi manusia. Its posible bagi Allah. 

innama’al ‘usri yusro…fainnama’al ‘usri yusro.. sesungguhnya bersama dengan kesulitan, ada kemudahan.. bersama dengan kesulitan, ada kemudahan..
(Al-Insyirah : 6-7
   
Maka mulailah, setiap kali usai sholat kubaca surat Al Insyirah dengan penuh kesungguhan dan pengharapan sebanyak 40x. Saking inginnya hajat ini  segera terijabah,,  sepanjang perjalanan pulang pergi kerja tak henti hati dan mulut ini membacanya. Meyakinkan diri, Allag swt akan mengabulkan hajat.

Sungguh maha besar Allah dengan segala firmanNya, Dia tak pernah ingkar akan janjiNya. Mendengar segala doa bagi hambaNya yang memohon dengan kesungguhan. Dalam waktu lebih dari seminggu , usai melewati segala proses kesulitan yang menguras energi, kabar gembira itupun datang menghampiri. Allah mengijabahi hajat yang seolah tak mungkin menjadi kenyataan.

Rasanya terbayar sudah, segala masa sulit tenaga dan psikis yang terkuras. Allah memberi sesuai dengan apa yang kita kerjakan, seberapa keras kita berikhtiar.Tak ada yang tak mungkin bagiNya. Bersama kesulitan ada kemudahan.  




   

0 comments: