Monday, February 29, 2016

Kenangan Memalukan Beat 6563

Banyak hal yang terjadi dalam sepanjang perjalanan hidup kita, kejadian yang menyenangkan bahkan bisa bersamaan datangnya dengan kejadian yang menyedihkan. Begitupun dengan kejadian yang memalukan. Kalau yang semacam ini, mungkin sebagian dari kita akan menyimpannya sendiri, atau bisa juga menceritakan kepada orang lain, ketika kejadian yang membuat kita terlihat bodoh telah menjadi past tense...#Halaah

So, kejadian yang paling memalukan dalam sepanjang hidup saya adalah saat berada di sebuah pelataran parkir pasar tradisional dekat rumah. Seperti biasa sebagai emak pekerja, waktu untuk belanja yang pas hanya pada hari Sabtu, karena hari sabtu saya libur kerja. Di hari inilah, keperluan isi kulkas terpenuhi untuk stok menu masakan untuk 3 atau 4 hari ke depan. Saya, selalu mencatat apa saja yang harus dibeli, dan berusaha untuk disiplin dengan note tersebut. Berusaha yaaa, perlu digaris bawahi itu, karena seringkalai kedisiplinan terkoyak o;leh nafsu belanja perempuan. 

Sabtu pagi pukul 06.00 udara segar segera menerpa wajah ketika motor beat melaju perlahan menuju pasar, Riang nian hati ini karena semalam baru dapat arisan, dan catatan belanja berisi item yang memanjakan lidah. Tau kenapa?, karena di sana tertulis DURIAN, cerita en plening mau bikin ketan durian. Sampai ditujuan, motor Beat hitam manis kuparkir agak jauh dari tempat parkir resmi, bukan untuk menghindari karcis, tapi pagi ini parkir resmi sudah penuh kendaraan orang mau belanja. Dan, kuoikir amanlah parkir di depan rumah orang, banyak temennya juga kok.

Segara kaki melangkah menuju ke dalam pasar, satu persatu daftar belanjaan terbeli, dalam satu jam saja ke dua tangan ini sudah menenteng beberapa kantong isi belanjaan. Yang paling rempong adalah memebawa durian pujaan. Harum aroma terapi durian mengalahkan rasa berat bawa belanjaan. Belum lagi , jarak menuju tempat  kuparkir beat lumayan bikin  tangan kesemutan.But, thanx God, akhirnya nyampe juga. 

Kuletakkan belanjaan di bagian tengah motor. Kuambil kunci dari saku celana, kumasukkan dalam lubang kuncinya. Namun entah apa gerangan , kunci tak bisa kuputar untuk menyalakan mesin. Berkali kali kuputar, tak juga bisa aku putar. Tanganku dan tubuhku sudah berkeringat, bagaimana bisa terjadi. Lalu, motor aku jagang tengah, eh...apa ya istilahnya. Aku coba stater manual. #percobaan bodoh

Beberapa orang mendekatiku,  ingin  tahu apa yang terjadi dan berniat membantuku. Aku katakan apa kesulitanku dalam menghidupkan motor. 

Dan salah satu dari  mereka bertanya, "Ada apa mbak dengan motor saya?"
Jujur aja hati ini makin dongkol, kesel motor gak nyala ehh..ada yang ngaku ini motornya. Tapi tetap aku jelaskan kalau kunci motorku gak bisa masuk ke dalam lubang kuncinya. Lalu, ibu yang nanya ada apa dengan motornya, mengeluarkan kunci motor persis punyaku. Memasukkan ke dalam lubang kunci dan memutar kekanan.,..daaan klik. Motor di stater ..menyala. Aku...terpana.

Ibu tadi hanya berkata "Coba, cek no plat motornya  mbak ", 
Aku menurut melihat nopol motor yang dipegang si ibu. Omaigaaaat. itu bukan motorku. 
Karena , selisih 2 motor dari tempatku berdiri, motor beat dengan nopol 6563 masih anggun menantiku.

Semua orang yang ada di sekitarku, ada yang tertawa, ada yang senyum sinis, ada yang menatap kasihan atas kejadian yang memalukan ini.  Ibu yang memiliki motor tadi, segera menyerahkan kantong belanjaanku. Ucapan beribu maaf kuhaturkan padanya. Dia cuma tersenyum dan say...its okay mbak.

Apa hikmah dari kejadian ini?, teliti sebelum memutar kunci. Warna sama, bodi sama nopol pasti berbeda bro. 
   


6 comments:

Erick Paramata said...

Hahaha bisa salah gitu... sering denger sih soal orang yang salah naik mobil karena mobilnya sama, tapi baru kali ini denger ada yg salah motor hahaha..

Indah Primadona said...

kalau buru-buru emang suka gitu mbak, liatnya hanya sekilas :)

enny ridha alin said...

Sekilas tapi tak sama....:D

enny ridha alin said...

Eh..udah pengumuman ?

enny ridha alin said...

Eh..udah pengumuman ?

enny ridha alin said...

Sekilas tapi tak sama....:D