Friday, June 28, 2013

Reunilicious


SMAN 13 Surabaya


Undangan Reuni Akbar Smagalas 86-89 2011

Wellcome on my blog my dear friends Smagalas

Postingan kali ini sudah lama ingin Aku tulis. Rasanya sayang kalau perpisahan lebih dari 20 tahun yang akhirnya dipertemukan lagi dalam sebuah REUNI beberapa tahun lalu hilang tak berbekas dalam catatan kehidupanku. Aku hanya ingin membingkainya menjadi sebuah tulisan yang mungkin bisa membangkitkan gairah  untuk kembali berkumpul menyambut reuni perak yang digagas oleh beberapa teman Kita.
Lets remind again...:)

Melalui socmed facebook, satu persatu teman smagalas di pertemukan kembali. Meski masih terbersit keraguan apakah yang Kita add adalah beneran teman Kita semasa SMA. Jalan yang ditempuh adalah membuka album foto mereka di fb dan mengkais kais memori Kita yang sudah mulai lemot. Hasilnya? tak lepas dari kata "Iki sopo yoo?".

Namun saat saling melempar status dan komentar akhirnya terkuaklah satu persatu. Ibarat puzle, kenangan itu membentuk sebuah gambaran keyakinan, bahwa this is it "Iki pancen koncoku pas di smagalas". Tak cukup melempar status dan komen, inboxpun jadi sasaran untuk memastikan investigasi kebenaran. Lucu memang, karena melalui foto Kita hampir tak mengenali teman Kita, jangankan teman yang tak akrab, teman sebangkupun Kita sudah lupa kan wajahnya, apalagi sudah mengalami metamorfosis dari remaja hingga dewasa dan   tua...:P

Tengok saja beberapa foto jadul berikut ini :
Adakah yang masih Kau ingat nama dan wajah kawan lamamu?..



Tubuh yang masih ideal dikala muda, sekarang??, ahhh Kita memang pernah muda kawan...



Finally...
Terlempar ide dari sang Komandan, yang konon dulu dia begitu terkenal. karena prestasinya mengharumkan nama almamater Kita.  siapa  yang  ingat akan lelaki di foto ini saat sebelum reuni, ayooo angkat tinju ke atas  !!!.


Foto : Masdukan alias Vian Hidayat semasa SMA (kedua dari kiri)dan foto hasil metamorfosisnya saat ini.

Si penggagas reuni yang di tasbihkan menjadi ketum seumur hidup oleh teman smagalas 86-89. Maaf beribu maaf, penulispun tak mengenalnya baik dulu maupun saat bertemu akan membahas reuni. Dan yang tak mengenalnyapun bukan cuma Aku.  Kalau seseorang di ujung paling kanan sihh Aku masih bisa mengingatnya...:)


Beberapa teman yang saat itu aktif di fbpun turut mendukung gagasan ini, sebut saja Umi Mike dan abah Nurul Huda, primadona Smagalas Theresia Wiwin dan Suci Nurtini, my best pren Alia Wicaksono. teman sekelasku yang dulu sangat menyebalkan "Harijono Brengos" .(pisss..). Deal untuk  kopdar terlebih dahulu, sebelum menindaklanjuti rencana reuni. Biar gak salah orang kali yaaa, maklum lebih dari duapuluh tahun reeek!! , semua pasti mengalami perubahan penampakan. 
Resto Rumadi menjadi tempat berkumpulnya para penggagas reuni..dan tarrraa...look at this pict.


Tempat rapat kecil dimulai, ternyata banyak juga yang ingin hadir. Pasti karena penasaran dengan si tukang  lempar komentar di fb..:). Dan pertemuan pertama banyak menciptakan gelak tawa. Saling mengingatkan gimana jaman Kita SMA dulu. Yang ibu ibu, aaiihh masih cantik dan seksi semuanya. Secara fisik tak banyak perubahan. Namun para Bapak, busyett banyak yang mengalami kemajuan, terutama di bagian perut dan warna rambut...a..ha.



Dan cukuplah waktu untuk berbagi tugas, siapa ketua dan wakil serta siapa saja para pembantunya. Nah, sebelum berpisah di pertemuan pertama, nyoook berkunjung ke sekolah sembari mengingat nostalgia SMA Kita.


Ini lorong sekolah menuju kelas, banyak mengalami perubahan besar. Makin indah dan tertata rapi, sayangnya lingkungan sekitar sekolah yang dulu persawahan kini sudah berubah menjadi kompleks perumahan. Persawahan yang dulu menjadi tempat Kita bermain saat istirahat, memadu kasih bagi yang sudah punya pacar. dan melatih ketrampilan untuk menuai hasil panen petani melon (alias mencurinya,tapi suwweer Aku tak pernah mencurinya, hanya mencicipi hasilnya). Hayooo pada ngakuuu gaak, kalianpun pasti pernah mengalaminya...#cariteman.

Posisi kamar mandipun tidak berubah, duluu...disana bisa beralih fungsi tak hanya menyalurkan hajat diri, namun juga sebagai tempat camp persembunyian kala ogah ikuti pelajaran,( lapooo ae nang njero jedeng yo! ), hemmm bisa juga menjadi tempat yang tepat saat ulangan, dengan alasan pip...yuuk Kita buka catatan kecil alias contekannya. 


Kalau tidak salah, di belakang Kami itu adalah Lab Kita dulu, dan depannya adalah aula sekolah tempat Kita berkumpul bila mengadakan acara sekolah dsb. Dan dibelakang aula itulah  kenakalan masa SMA dimulai oleh si penulis, apakah itu?. Gak usah membuka aib lama ah, pamali. Mosok belajar merokok sama teman sekelas saja diceritain...Uppss .

Berkunjung ke Smagalas tercinta

Dan melalui beberapa kali pertemuan dan perdebatan panjang, akhirnya palu diketok bahwa tanggal 4 September 2011 reuni akan dilselenggarakan. Bukan hal yang mudah mengumpulkan teman yang lama tak bersua Masing masing telah sibuk menyusuri perjalanan hidup dan bergulat dengan waktu meraih masa depan. Jauh sebelum pak Jokowi booming dengan ritual blusukannya .  Panitia reuni akbar smagalas dari tim termehek mehek telah lebih dulu blusukan untuk hunting teman teman yang sudah berhasil terdeteksi keberadaannya. 

Secuil kisah Umi Mike saat mencari alamat seorang teman, bersama abah Huda sang belahan jiwa blusukan menyebarkan undangan. Sesampainya di alamat yang ditemukan , Umi Mike hatinya begitu bangga melihat bangunan di depannya. Sekilas terlihat seperti bangunan pabrik/kantor. Teman Kita sukses juga ya, tak di sangka dulu dia begitu sekarang dia begini,hidup memang misteri. Namun ketika menanyakan alamat pada seseorang yang ditemui di depan bangunan tersebut, ternyata itu bukanlah alamat yang dimaksud. Alamat yang sebenarnya ada di belakang bangunan dan harus masuk melalui lorong gang panjang yang hanya cukup dilalui sebesar badan saja. Olala...dan kawan, ternyata banyak kawan yang mengalami nasib tak beruntung. 

Terima kasih untuk semua sumbangsih berupa apapun dari para kawan semua demi kelancaran reuni ini.Rasa bahagia melihat semua kawan berkumpul lagi, tanpa melihat status dan jabatan, Kita semua lebur mengingat kembali masa indah SMA Kita. Penuh haru dan kelakar saat bertemu satu persatu teman lama, membuat sejenak terlupa bahwa Kita sudah beranjak tua. Indahnya hidup saat itu..



 Perhelatan yang meriah. Dibuka oleh pak ketum, sambutan sambutan termasuk dari para bapak/Ibu guru Kita dulu. Dilanjut dengan hiburan dan tebar door prize dari para donatur. 


*********************************************************************************Dan selang dua tahun kemudian ,diadakanlah REGAB atau reuni gabungan from all alumnus smagalas dari angkatan 1982 - 1987. Acaranya outdoor. Tepatnya di halaman sekolah Kita. Bukan maksud untuk tidak menyeimbangkan berita acara reuni ya prens, karena penulis tidak ikut dalam acara ini, jadi tidak banyak bisa banyak menulis hingar bingarnya menjelang dan saat acara berlangsung. Angkat jempol 2 deh buat para panitia, karena acara ini cukup sukses, untuk mempertemukan semua alumnus. Tak ada gap antara kakak kelas dan adik kelas, meski diawal rembugan ada sedikit kesalahpahaman, namun bisa terselesaikan dengan baik karena kedewasaan Kita, tak ingin regab batal hanya karena hal hal yang gak penting, betul ?.


Hasil jepretan yang keren, ini pasti Mas Tafik fotografernya...sorry penulis sotooy yak!.

Kalau yang ini jangan ditanya, bidadari" cantik angkatan 86, aktifis dalam pelaksanaan tiap reuni smagalas. Hmmm bisa tuh bikin EO khusus reuni..:) 



 By the way anyway busway, banyak harapan dari acara reuni ini ;

1. Ajang Silaturahim
    Menjadi ajang silaturahim, dalam Islam silaturahmi dapat memanjangkan usia dan memperbanyak rejeki. Harapannya, tak cukup hanya asyik dengan euforia sesaat , tapi hal ini dapat secara berkelanjutan diadakan, tak usahlah dalam skala besar, reuni kecil kecilan bisa juga jadi alternatif.

2. Networking
    Dengan reuni Kita dapat saling terhubung kembali satu sama lain . saling bertukar informasi mengenai bisnis atau pekerjaan. Bisa bertukar informasi, dan dapat membantu teman yang memerlukan peluang lebih baik dimasa yang akan datang.

3. Nostalgia
    Nostalgia SMA adlah yang paling indah, dengan mengingatnya, Kita mengolahragakan otak Kita dari kejenuhan rutinitas. Bertemu untuk mengingat dan kadang mentertawakan kekonyolan Kita dulu, bisa mengencangkan kembali otot di wajah Kita yang kaku..

4. Membantu sekolah Kita, agar lebih maju nantinya dalam pembinaan adik kelas. Anjangsana ke mantan Bapak Guru Kita yang pasti semakin sepuh .



Sejak reuni, jadi bisa saling berkabar bila ada teman yang memerlukan bantuan Kita.
Bantuan untuk musholla Smagalas dari angkatan 86


Itulah sekelumit tentang reuni, semoga bisa menjadi teman dalam mengisi weekend.

Salam






















0 comments: